Pedagang Sepatu Sandal Spesialis Subuh di Depan Gedung Blok AB Harus Clear Pukul 7 Pagi | PERUMDA PASAR PAKUAN JAYA
5 | 1 05 April 2023 | Dilihat: 526 Kali | Cetak

Pedagang Sepatu Sandal Spesialis Subuh di Depan Gedung Blok AB Harus Clear Pukul 7 Pagi


Pedagang Sepatu Sandal Spesialis Subuh di Depan Gedung Blok AB Harus Clear Pukul 7 Pagi

www.pasarpakuanjaya.co.id Bogor- Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Keberadaan pedagang sepatu dan sandal spesialis subuh di parkiran Blok AB Jalan Dewi Sartika, Bogor Tengah menjadi perhatian serius Unit Pasar Kebon Kembang Blok AB Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ).

Kepala Unit Pasar Kebon Kembang Blok AB Perumda PPJ Hilman mengatakan, bahwa berdasarkan kesepakatan pedagang dan Paguyuban Blok AB bahwa mereka hanya boleh mangkal atau berjualan hingga Pukul 07.00 WIB. "Ya, jam 7 pagi itu mereka harus sudah clear, harus meninggalkan tempat," kata Hilman.

Dijelaskannya bahwa pedagang subuh itu memang ada, tidak hanya dibulan ramadhan tetapi sudah ada dari bulan biasa sebelumnya.

Menurut Hilman bahwa mereka itu awalnya berjualan di sekitar Masjid Agung, tepatnya di Jalan Nyi Raja Permas, jumlahnya hanya sekitar 5-6 pedagang, tapi saat memasuki bulan ramadhan bertambah pedagang musiman menjadi 9-10 pedagang.

"Jadi kalau sesuai kesepakatan, jam 7 pagi itu mereka harus sudah clear, tapi namanya pedagang selalu ada yang dijadikan alasan packing barang dan sebagainya," ungkap dia.

Diakui Hilman, bahwa para pedagang itu tidak termasuk pedagang eksisting binaan Perumda PPJ, dan sejauh ini managamen Unit Pasar Kebon Kembang Blok AB, sudah melakukan sosialisasi tentang kesepatakan yang harus dipatuhi oleh pedagang tersebut.

"Kesepakatan itu merupakan hasil musyawarah bersama jadi harus diikuti, kami paham para pedagang itu memang mencari nafkah, tapi dalam hal ini harus saling mengerti, jika memang sudah ada kesepakatan jam 7 harus clear maka harus dipatuhi" tuturnya.

Hal senada diungkapkan Bagian Operasional Unit Pasar Kebon Kembang Blok AB Heru, dia mengaku, pihaknya selalu rutin melakukan penertiban. "Jika sudah Jam 7, kami langsung turun tangan melakukan penertiban, tentunya dengan cara persuasif" katanya.

Dijelaskannya, bahwa keberadaan pedagang itu sudah menjadi rahasia umum, artinya bahwa pedagang sepatu sandal spesialis subuh ini sudah ada sejak lama.

Dan untuk menjaga ketertiban, maka pihaknya juga konsisten melakukan koordinasi untuk melakukan penertiban. "Dari sebelum bulan puasa kami sudah instruksikan kepada petugas K3 Unit Pasar Kebon Kembang Blok AB bahwa jam 7 pagi itu mereka harus sudah tidak berjualan, mereka harus pergi dari area parkir" ucapnya.

Namun lanjut dia, namanya pedagang di lapangan selalu terjadi dinamika. "Setiap hari kami selalu turun, kami tegaskan bahwa mereka tidak boleh ada setelah di atas jam 7 pagi," tandasnya.


Author: Admin


Tags:

Bagikan