Sentuh Hati Pelanggan dengan ESQ (Emotional Spiritual Quotient) | PERUMDA PASAR PAKUAN JAYA
26 | 25 17 Mei 2016 | Dilihat: 1703 Kali | Cetak

Sentuh Hati Pelanggan dengan ESQ (Emotional Spiritual Quotient)


Sentuh Hati Pelanggan dengan ESQ (Emotional Spiritual Quotient)

Bogor – Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PD PPJ), pada hari Senin (9/5/16), mengirimkan 59 pegawai yang merupakan perwakilan dari kantor pusat dan seluruh unit pasar untuk mengikuti pelatihan ESQ (Emotional Spiritual Quotient) di The Sahira Hotel, Jalan A. Yani Tanah Sareal Bogor.

Pelatihan ESQ hari ini adalah untuk kedua kalinya diadakan oleh Bagian Kepegawaian PDPPJ. “Seluruh pegawai berhak mengikuti pelatihan ESQ, yang rencananya dibagi dalam beberapa tahap dan insyaAllah dalam waktu dekat akan dilaksanakan pelatihan ESQ tahap 3 yaitu pada tanggal 18 Mei 2016,” ujar Mariska Salloka selaku Kasubag Kepegawaian PDPPJ. “Tujuan dari diadakannya pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kinerja dan mengoptimalkan SDM dengan membentuk karakter melalui penggabungan 3 potensi manusia, yaitu kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual, sehingga terbentuklah karakter yang tangguh, produktif, bahagia dan selalu bersyukur,” lanjutnya.

Direktur Umum PDPPJ Deni Harumantaka dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam menerima ilmu sebaiknya kita seperti gelas kosong sehingga apapun yang disampaikan oleh pemberi materi dapat kita serap dengan baik.

Spirit of Happiness, tema yang disampaikan oleh Arif Apriansyah (Fasilitator Icon Global Indonesia) pada sesi pertama, menyatakan bahwa kebahagiaan dapat dicapai dengan 3 hal, yaitu: (1) banyak bersyukur; (2) pikiran positif dan tekad yang kuat untuk tujuan yang jelas; (3) aksi (semangat untuk melakukan yang terbaik dan jangan remehkan kebaikan meskipun kecil). Karena menjadi kaya bukan tentang seberapa banyak yang kita miliki, tapi seberapa besar kita mampu berbagi, dan dengan berbagi/memberi kita akan menjadi lebih bahagia.

Sesi kedua diisi oleh Muhajir Affandi (Inspirator Spiritual Journey), dengan tema How Beautiful The Life Is. Dalam pembukaannya, Muhajir meminta peserta pelatihan ESQ untuk menghilangkan virus dalam kehidupan (seperti kemegahan dunia, gaya hidup hedonis, dll) dan menebarkan kebaikan kepada siapapun, kapanpun, dan dimanapun karena kebaikan itulah yang akan menuntun kita menemukan jalan menuju kebaikan, kesuksesan dan keselamatan dalam hidup.

“Sebenarnya ada 3 pintu magnet kebahagiaan hakiki, yaitu: (1) jujur; (2) adil; (3) amanah,” ujar Muhajir. Selain itu, Muhajir juga menyampaikan Cara Ampuh Menemukan Kebahagiaan dan Semangat Dalam Bekerja, yang terdiri dari: (1) Bersihkan wadah dengan cara menghilangkan semua unsur negatif yang ada pada kerja keras dan kerja cerdas (wadah = kerja keras dan cerdas - red); (2) Perbesar wadah dengan cara melakukan yang terbaik, tantang diri untuk naik kelas, proaktif (merespon lingkungan dengan positif); (3) Isi Wadah dengan energi positif; (4) Harumkan wadah dengan cara kerja ikhlas yaitu memberikan manfaat kepada orang lain sekecil apapun bentuknya dan selalu berupaya memberikan yang terbaik kepada tempat dimana dia bekerja.

Diantara sesi satu dan dua diselingi oleh game dimana seluruh peserta dibagi menjadi 4 (empat) kelompok dan diminta untuk menyusun strategi dalam menentukan langkah, pelajaran yang didapat dari game ini adalah bahwa dalam hidup kita selalu membutuhkan orang lain untuk membantu kita dalam menentukan langkah, mengingatkan jika kita salah, menyemangati agar kita terus berjalan dalam jalur yang benar.

Di akhir sesi pelatihan peserta diajak untuk melakukan Spiritual Journey yaitu untuk memaknai dan menghayati perjalanan kembali. Bahwa dunia merupakan panggung kehidupan dengan kematian sebagai akhir dari pementasan dan awal dari kehidupan yang abadi.

Salah satu pelajaran yang didapat dari pelatihan ini adalah bahwa kita selalu membutuhkan orang lain, “Dalam pekerjaan dibutuhkan kerjasama dari seluruh pihak, mulai dari petugas kebersihan sampai ke jajaran struktural, ibarat tangan yang jari jemarinya bersatu untuk mengambil makanan, mustahil dilakukan oleh satu jari saja, begitupun dalam perusahaan, mustahil tujuan perusahaan akan tercapai jika yang bekerja hanya satu pihak/ bagian saja” ujar Syam Suarman Kepala Pasar Merdeka, yang juga sebagai salah satu peserta pelatihan.

Manfaat yang bisa didapat dari pelatihan ini adalah tercapainya keseimbangan antara hubungan horizontal (manusia dengan manusia) dan vertikal (manusia dengan Tuhan). Pada akhirnya PDPPJ dengan core bussiness jasa pelayanan memiliki pegawai yang mampu bekerja dengan menyentuh hati para pelanggannya.

(rien)


Author: administrator


Tags:

Bagikan



untuk memberikan komentar silahkan login terlebih dahulu.
{Tidak Ada Komentar}