Muzakkir: Pasar 4.0 Peluang Usaha Muda Masa Depan Untuk Mendukung Pangan Halal | PERUMDA PASAR PAKUAN JAYA
1 | 0 05 Agustus 2020 | Dilihat: 17 Kali | Cetak

Muzakkir: Pasar 4.0 Peluang Usaha Muda Masa Depan Untuk Mendukung Pangan Halal


Muzakkir: Pasar 4.0 Peluang Usaha Muda Masa Depan Untuk Mendukung Pangan Halal

www.pasarpakuanjaya.co.id Bogor – Direktur Utama Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor, Ir Muzakkir menjadi pembicara dalam acara webinar series 4 himagron IPB 2020 dengan tema “Prospek Industri Pangan Halal Di Indonesia dan Dunia”, Selasa pagi 04 Agustus 2020.

Adapun yang disampaikan oleh Muzakkir yaitu Pasar 4.0 peluang usaha muda masa depan untuk mendukung pangan halal. Seperti pasar, adanya ketiga komponen yang harus menjadi satu kesatuan di pasar kota bogor yaitu pasar rakyat, pasar modern dan pasar 4.0.

Dijelaskan, pasar rakyat adalah suatu area tertentu tempat bertemunya pembeli dan penjual baik secara langsung maupun tidak langsung dengan proses jual beli berbagai jenis barang konsumsi melalui tawar menawar (Kemendag RI), sedangkan pasar modern adalah suatu area tertentu tempat bertemunya pembeli dan penjual tidak ada transaksi langsung dan tidak ada proses tawar menawar, sementara pasar 4.0 mengedepankan pemanfaatan teknologi informasi dan digitalisasi dalam operasional pasar.

Berhubungan dengan tema webinar series kali ini yaitu tentang pangan halal, Perumda PPJ mempunyai tiga proses pangan halal di pasar rakyat kota bogor yaitu halal komoditas dagangan (produsen dan pasar) –sidak pangan, halal proses transaksi (pasar) – tera ulang timbangan, terakhir adalah halal proses produksi (produsen) – kerjasama dengan dinas dan instansi terkait seperti dinas pertanian dan ketahanan pangan.

Selama masa pandemi covid – 19 ini, Perumda PPJ juga berupaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid – 19 di kantor pusat maupun unit unit dan lingkungan pasar. “ Ikhtiar kami (Perumda PPJ- red) di pasar sampai saat ini melakukan 3000 rapid test, melakukan 300 swab polymerase chain reaction (PCR) test, penyemprotan disinfektan secara rutin, menyediakan wastafel tempat cuci tangan disetiap pintu masuk serta melakukan pengecekan suhu. “Alhamdulillah sampai sekarang Perumda PPJ masih bebas dari covid-19 dan kami terus mengupayakan protokol kesehatan di setiap dan lingkungan pasar,” kata Muzakkir.

Sambung Muzakkir, adapun inovasi Perumda PPJ selama pandemi ini juga semakin inovatif dengan adanya aplikasi baru yang bertujuan untuk memudahkan para sahabat pasar. Seperti adanya kujang fresh, E-kujang, operasi pasar, penerapan SNI pasar, serta peluang usaha.

Dijelaskan, Kujang fresh adalah layanan belanja online pasar penyedia kebutuhan pangan pokok, E- Kujang menyangkut e-money untuk transaksi di tenant pasar, PPOB, dan transaksi online lain, sementara E-retribusi untuk tenant melakukan pembayaran service charge.

Sedangkan Operasi pasar, seperti adanya inspeksi mendadak (sidak) kepada pedagang untuk memastikan keamanan dan kehalalan produk serta adanya operasi pasar pengendalian harga pangan strategis.

“Adapun dalam penerapan SNI pasar, digunakan untuk memastikan layanan pasar rakyat apakah sudah sesuai dengan SNI 8152:2015, dan menjadikan pasar rakyat yang ramah keluarga, aman, nyaman dan dikelola secara profesional serta menjadi kebanggaan masyarakat kota bogor. Sementara peluang usaha di Perumda PPJ harus tetap dikembangkan dengan adanya duplikasi teras surken di lokasi lain, peluang usaha kios dan los yang kosong serta pemasok kebutuhan bagi kujang logistik,” tutupnya.

 

(humas)

 

 

 

 


Author: Admin


Tags:

Bagikan